Alat kelamin disetrum, lapor ke Komnas HAM

20091023125304_TERDAKWA_PEMBUNUHAN_NASRUDIN
JAKARTA: 5 Terdakwa pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen mengaku menerima penyiksaan dari penyidik Polda Metro Jaya saat kelimanya ditangkap. Melalui pengacaranya, kelimanya pun melaporkan hal itu ke Komnas HAM.

“Kita ke sini untuk melaporkan dugaan penganiyaan kepada klien dan keluarga kami oleh penyidik Polda Metro Jaya,” ujar pengacara dari 3 terdakwa, Agustinus Panyongdosi di Komnas HAM, Jl Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/10).

Menurut Agustinus, 5 terdakwa tersebut mengalami penyiksaan di Motel Pondok Nirwana, Cawang selama kurang lebih sehari semalam. Terdakwa Eduardus Noe Ndopo Mbete alias Edo dan Hendrikus Kia Walen bahkan alat kelaminnya disetrum. Sehingga selama satu bulan alat kelaminnya tidak berfungsi.

“Untuk tiga tersangka hanya dipukuli dan dirantai. Hendrikus dipaksa untuk mengakui jika mereka mengenal Sigit, AA dan WW. Sedangkan Edo dipaksa untuk mengaku mengenal Sigit dan AA. Padahal Edo hanya kenal WW,” jelasnya.

Penyiksaan itu dilakukan pada 27 April 2009. Ketika mereka ditangkap lalu dibawa ke motel tersebut. Setelah sehari semalam baru dikirim ke Polda Metro Jaya.

Agustinus menjelaskan kenapa pelaporan ini baru dilakukan sedangkan kejadiannya sudah beberapa bulan lalu karena pihaknya baru yakin setelah ada pengakuan di persidangan.

“Karena kita semakin yakin saat para terdakwa mengaku telah mengalami penyiksaan di persidangan 19 Oktober lalu di Tangerang,” ungkapnya.

Menanggapi laporan tersebut, Komnas HAM akan segera menindaklanjutinya. Komnas HAM akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

“Jika bukti permulaan sudah cukup, kita akan panggil para penyidiknya,” kata Wakil Ketua II Komnas HAM Hesty Amri Wulan.(Sindikasi berita detikcom)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • yang mampir

    • 1,477,859 sejak 01/01/2009
  • dipilih,,,dipilih,,,




  • RSS Umpan yang Tidak Diketahui

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • %d blogger menyukai ini: